Cara Mencari Inspirasi Konten Blog

My Inspiration.
Menulis saja adalah soal mudah, tetapi tulisan yang manfaat dan enak dibaca betul-betul sebuah tantangan, bagaimana tantangan ini bisa dilalui adalah kesadaran penulis bahwa ini membutuhkan proses, memandang blogger senior yang sukses adalah baik tetapi anda harus lihat juga saat dia masih pemula itu lebih penting, Ini bukan ajaran alon-alon asal kelakon, tetapi ajaran bertahap bertingkat dan berlanjut, adalah pembaca, google dan sponsor yang akan menghakimi tulisan kita penting atau dilupakan, (Saya seperti pidato atau seperti guru nih..!), Sekarang kita tinjau beberapa macam pilihan konten yang biasa dilakukan para blogger :


1.   Anti Plagiator.   Para blogger mengawasi blogger lainnya jika ada plagiator akan segera dilaporkan ke Google, Mesin Google juga menolak tindakan ini dan juga pembaca sebal melihat artikel sama persis pada blog yang berbeda, lalu bagaimana cara melegalkan jiplakan, mudah saja tulislah sumber aslinya maka anda tidak dituduh plagiator tetapi sebagai bagian dari sosialisai pengetahuan dan tingkatkan mutu tulisan.
2.   Original Kontens.   Ini yang diharapkan oleh pembaca, keaslian konten berisi ide baru atau persepsi baru dari sebuah masalah yang disajikan secara singkat, mudah dimengerti dan ide barunya menonjol atau persepsinya diakui pembaca, masalah yang sungguh-sungguh baru biasanya sulit ditulis tetapi persepsi yang baru mudah ditulis dan mudah diikuti oleh pembaca.
3.   Market kontens.   Sebagian besar blogger terpikat dengan mencari keuntungan secara cepat sehingga terburu-buru mengintip kebutuhan pasar lalu dijadikan ide tulisan blogger, untuk blogger senior biasanya terdapat pada review kontens, tetapi pemula belum perlu terbawa arus seakan-akan itulah yang harus diikuti.
4.   Reporter Kontens.   Penulis berita merupakan kontens penting dalam blog dimana hanya fakta, data dan mengarahkan tendensi konten sesuai keinginan penulis, intinya menarik perhatian pembaca karena penting dan enak dibaca.
5.   Akal Tiba atau Tiba-tiba ada akal.   ini terjadi kapan saja tetapi jika saatnya tiba akal maka segeralah menulis dengan sepenuh hati dan konsentrasi, type seperti ini bisa masuk golongan mana saja asal format dan struktur tulisannya bebas biasanya enak dibaca dan penting sebab tulisan akal tiba datangnya dari "Bawah sadar yang mengendap lama lalu mengambang di ambang sadar dan tiba-tiba muncul ke kesadaran penuh ".
6.   Penulis bayaran.   jenis ini untuk mencapai gengsi atau kepentingan bisnis tertentu, namun ada juga yang petualang yaitu Bigboss memberi pendahuluan dan penutup saja pada konten lalu dilengkapi oleh pegawainya, hasilnya PR 7, walalupun irama depan dan belakang tulisan berbeda  dengan isi tetapi ini fakta berbicara, silahkan tiru jika anda mampu.

Nah, terlihat sudah macam-macam tulisan, sekarang apa yang mau ditulis dan mulainya dari mana, mari kita bahas satu persatu, mulainya menulis ya dari awal yaitu pembukaan, isi dan penutup dan yang kita tulis bisa berbagai cara mencari inspirasi tulisan yaitu :

A.   Jangan di cari yang tak ada.

1A.  Pengetahuan dan pengalaman yang ada di kepala. Jadikanlah pengetahuan dan pengalaman pribadi anda sebagai inspirasi anda dalam membuat tulisan, konten ini akan terasa original tentunya dengan persepsi yang populer, begitu dapat ide segera ambil buku refferensi dan gali kembali memori untuk disusun dalam mode blog terbaru, contohnya :
  1. Cara belajar yang efektif.
  2. Cara berorganisasi di sekolah.
  3. Wisata ke pulau rambut kep seribu
  4. Cara mengusir jerawat yang mantab.
  5. Cara memilih cabang bela diri yang sesuai dengan kepribadian.

2A.   Ketrampilan dan Fakta yang ada disekitar kita.   Kumpulkan berbagai persoalan yang ada di dekat anda, di kamar, di rumah, di halaman, di perpustakaan dan di laptop atau di lingkungan, buatlah dafar prioritas dengan ketentuan anda tertarik dan senang dengan calon konten tersebut, contohnya kulkas, TV, Radio, Hp, lemari hias, hiasan kuku, mode rambut palsu, kandang kambing, kandang ayam, kandang bebek, pohon pepaya, taman rumah yang asri, pohon hias di pot dan lain-lainnya, lalu seleksi dan lengkapi referensi yang akan dijadikan konten anda.

3A.   Cerita, obrolan atau diskusi.    menggali kembali apa yang pernah kita ucapkan adalah kemudahan dalam menentukan konten yang asli, lelucon dan kesedihan anda adalah daya tarik sendiri jika dituliskan dengan baik.

B.   Modifikasi atau Reparasi.

1B.    Tulisan lawas yang ketinggalan jaman.   Carilah beberapa artikel lama yang sudah tidak relevan lagi saat ini, lalu buatlah perbaikan atas artikel tersebut, di blog banyak saya lihat tulisan seperti ini dan berubah jadi bagus dan modern, enak dibaca, biasanya berubah pada metode, alat bantu yang canggih (Film, gambar dan sket), bahkan ada tulisan tahun lalu yang terhitung masih baru begitu di modifikasi jadi mantab.

2B.    Modifikasi persepsinya.    ini termasuk cara paling mudah dan banyak sekali variasinya, anda hanya perlu memilih materi yang populer lalu rubah kacamata anda, contohnya "cara mendaftar akun adsense pada www.adsense.com" dirubah jadi "cara mendaftar adsense lewat blogger", atau dirubah lagi "cara mendaftar adsense melalui Ardilla" lebih enak lagi  "cara daftar adsense lewat HP".

3B.    Modifikasi Gado-gado atau campur sari.    ini berbeda dengan gaya copassus atau gaya cut and glue, kedua gaya ini tidak ada pikiran dari penlis sama sekali, gado-gado style atau campur sari style adalah tulisan ingin ditulis penulis tetapi penulis belum paham sepenuhnya lalu belajar dari berbagai sumber tulisan lainnya dilanjutkan dengan membuat kerangka tulisan dan keinginan penulis di masukan melalui pemikiran yang baik, runut dan bermanfaat, namun perlu berhati-hati jangan nampakkan stress pada tulisan anda.

C.     Ikuti Trend dan perkembangan pasar.

1C.  Buat poling

Poling adalah sebuah cara sederhana untuk memetakan pembaca blog Anda. Pemetaan ini bisa menggunakan prinsip 5 W + 1 H.
  • Who? Siapa mereka: apakah blogger pemula, blogger paruh waktu, full time blogger, dan sebagainya.
  • What? Apa topik ngeblog mereka?
  • When? Sejak kapan mereka ngeblog? Sejak kapan mereka membaca blog Anda, dan sebagainya.
  • Why? Mengapa mereka ngeblog?
  • Where? Di mana mereka tinggal.
  • How? Bagaimana mereka bisa berkunjung ke blog Anda: hasil blogwalking apakah datang dari mesin pencari.
Misalkan hasil poling Anda menunjukkan bahwa pembaca blog Anda umumnya para blogger pemula. Oleh karena itu, buatlah konten untuk memenuhi kebutuhan para pemula.  Contoh lain, salah satu hasil poling Blogodolar menunjukkan bahwapara pembaca lebih menyukai tips menulis dan motivasi ngeblog Alhasil, konten yang baik adalah kedua topi tersebut.

2C.   Tanya pembaca.

Tehnik ini selalu digunakan oleh media terkenal, untuk itu tanyalah pembaca blog Anda mengenai apa yang mereka inginkan dari blog Anda. Apakah tips SEO, afiliasi, dan sebagainya.
Cara bertanyanya bisa melalui postingan atau menghubungi mereka via emailnya. Hasil pertanyaan ini bisa dijadikan bahan untuk membuat konten.

3C.   Sediakan form kontak

Pada kolom atau tulissan berlanjut biasanya memiliki pelanggan tetap yang sudah tercipta komunikasi timbal balik yang bagus. Oleh karena itu, sediakan halaman kontak di blog Anda. Selain bersifat pribadi, halaman kontak juga merupakan salah satu cara untuk memfasilitasi pertanyaan pembaca yang tidak sesuai topik. Pertanyaan pembaca via kontak form di analisa sedikit prioritasnya lalu Anda bisa gunakan untuk membuat postingan.

4C.    Lihat komentar

Dalam berkomentar, adakalaya pembaca blog bertanya lebih lanjut mengenai suatu topik yang Anda bahas. Pertanyaan ini merupakan kebutuhan mereka, jadi Anda dengan mudah dapat mengidentifikasinya.

5C.    Analisis kata kunci dari mesin pencari

Pembaca blog Anda mungkin datang dari mesin pencari. Maka, analisislah kata kunci apa yang mereka ketikkan sehingga mereka datang ke blog Anda. Tentukan beberapa kata kunci yang relevan dengan topik blog Anda,  lalu kembangkan menjadi postingan lainnya agar pengunjung yang datang suatu saat nanti via kata kunci tersebut mendapat tambahan informasi. Dengan kata lain, memperkaya wawasan mereka.
Bagaimana cara mengetahui kata kunci tersebut?  Cara paling akuratnya adalah dengan menggunakan fasilitas keywords di Google Analytics.

6C.    Analisis postingan terpopuler

Postingan terpopuler bisa digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pembaca blog. Logikanya, mereka membaca postingan terpopuler tersebut karena mereka membutuhkan informasi yang ada. Jadi, analisislah postingan terpopuler Anda:
  • Apa jenis postingan tersebut? Apakah topik postingan tersebut?
  • Perkaya postingan tersebut dengan topik sejenis
Sebagai contoh, postingan terpopuler Anda adalah tips wordpress. Hal ini menunjukkan bahwa pengunjung memerlukan dan butuh informasi mengenai tips wordpress. Oleh karena itu, buatlah tips-tips wordpress yang lain.

Sebagai penutup artikel ini saya sampaikan kepada anda bahwa memuaskan pembaca bukanlah persoalan yang mudah masih banyak hambatan lain seperti kecepatan loading, pilihan template yang anda gunakan, juga fokus thema blog dan menjadi terkenal bukanlah beban yang ringan terakhir sehebat apapun artikel anda jika tidak ketemu jodohnya lama-lama akan usang, jadi langkah terakhir adalah berdo'a, happy blogger.

1 komentar:

Post a Comment